Saturday, October 15, 2011

Kerang Simping (Placuna Placenta)

Hari ini saya akan mencoba bercerita sedikit mengenai satu spesies biota air yang mungkin merupakan salah satu makanan yang cukup enak namun untuk di Kalimantan Timur biota ini sendiri cukup sulit untuk kita temui dan menurut penelitian saya pada februari kemarin saya mengkhususkan diri untuk meneliti kerang simping tersebut di daerah Muara Sungai Tiram yang terletak di Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Berikut ini adalah foto Kerang Simping yang saya ambil disana.

Placuna placenta

Ada pun klasifikasinya yaitu :
Kingdom : Metazoa
Phylum : Mollusca
Class : Bivalvia
Order : Ostreoida
Family : Placunidae
Genus : Placuna
Species : Placuna placenta


Sedangkan Morfologi dari cangkang kerang simping ini memiliki bentuk cangkang yang menyerupai bulat kipas dan terdiri dari dua belahan yang simetris dengan bagian luar cangkang keputihan dan sedikit cokelat sedangkan bagian dalamnya berwarna putih keperakan dengan campuran warna hitam yang membayang. Habitatnya sendiri berupa kawasan estuaria dengan tingkat pasang surut yang tinggi dimana ketika surut kawasan tersebut hampir keseluruhan kering. Anomali yang terjadi justru kerang simping ini hanya berada di suatu kawasan wilayah saja tepat di depan mulut muara sungainya sedangkan pada mulut dan badan muara hampir tidak terdapat kerang simping tersebut.
Bagi yang memiliki informasi mengenai keberadaan kerang simping ini di daerah lain di kalimantan timur saya berharap untuk kiranya dapat saling share informasi kepada saya dengan harapan kerang simping ini dapat terus kita lestarikan keberadaannya di Kalimantan Timur.

0 comments:

Post a Comment